Sabtu, 21 April 2018

Musuh Kreativitas


“Kita bisa jadi mengalami beberapa kekalahan, tapi kita harus tidak bisa dikalahkan.” - Maya Angelou
 
Seperti yang dijanjikan pada bab sebelumnya, sekarang waktunya untuk membahas musuh yang menakutkan dari kreativitas anda. Segala sesuatu yang bisa menghentikan aliran kreativitas dikenal sebagai blok. Banyak alasan yang berbeda yang memunculkan blok tersebut dan sering kali membutuhkan usaha dari anda untuk memulihkan aliran kreatif yang terhenti.

Ada beberapa pencuri waktu kreativitas anda. Ini adalah blok yang menganggu kemunculan ide dan pemikiran kreatif anda. Jangan takut kalau kedengarannya agak menakutkan, karena anda bisa mempelajari proses untuk menghilangkannya. Salah satu cara menghilangkan ketakutan adalah menghadapinya.

Bisa jadi kehidupan sehari-hari adalah pencuri dari waktu kreatif anda. Pikiran kita yang terfokus kepada hal lain untuk
waktu yang konstan dan dalam jangka waktu yang lama akan mengambil energi anda dalam jumlah besar. Anda khawatir dan memikirkan perawatan anak, atau orang tua anda. Bila pekerjaan atau rutinitas keseharian anda membosankan dan memakan waktu, bisa jadi anda tidak tertarik untuk berpikir yang lain. Kesehatan juga menjadi salah satu isu yang sering dikhawatirkan orang. Sebagai manusia kita memang terbawa arus emosi karena kita menyayangi dan mengurus orang lain yang kita kasihi. Hal itu sangat manusiawi.

Akan tetapi, hal ini malah menjadi tantangan pertama bagi anda untuk mencari solusi kreatif. Anda harus mencari tempat dan waktu tersendiri untuk memulai proses berpikir kreatif secara teratur. Mengalahkan rutinitas sehari-hari adalah satu tantangan kreatif bagi anda. Jangan terlalu memusingkan tantangan ini, anda hanya perlu meluangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk diri anda sendiri. Gunakan jurnal catatan atau alat perekam untuk mencatat masalah yang anda hadapi dan melatih mencari beberapa solusi kreatif yang bisa anda gunakan untuk membantu anda.

Dengan memberikan waktu tersendiri bagi anda dan menggali potensi kreatif diri anda maka akan muncul keuntungan jangka panjang. Wajar saja, dengan meningkatnya kreativitas anda maka kemampuan anda mencari solusi untuk berbagai masalah sehari-hari juga meningkat. Bila masalah tadi selesai, rasa percaya diri anda naik dan tingkat stress akan menurun drastis. Kini anda bisa lebih fokus dan menikmati waktu berharga dengan orang-orang yang anda kasihi bukan Sebuah pendekatan logis dan menarik!

Yang menjadi bagian tersulit adalah fokus pada satu masa untuk satu masalah, memberikan kesempatan untuk alam sadar dan bawah sadar anda ambil bagian. Jika hidup anda penuh dengan tekanan, itu malah berarti anda butuh waktu kreatif lebih dari yang lain. Anda harus memberikan kepada diri anda sendiri atau anda tidak akan bisa memberikan apapun untuk orang lain didalam hidup ini. Dr. Phil McGraw, seorang pakar kejiwaan mengatakan, “Anda tidak bisa memberi dari sebuah gelas yang kosong”.

Mungkin anda akan berkata, “Kapan saya bisa memiliki waktu untuk diri saya sendiri, untuk berpikir bagi masalah diri saya, jika begitu banyak masalah yang harus diselesaikan, bahkan waktu untuk itupun tidak cukup. Kapan ada waktu untuk saya?”.
 

0 komentar:

Posting Komentar