Senin, 09 April 2018

Kelebihan Mind Map


Mengapa Mind Map begitu bermanfaat? Apakah cara yang selama ini tidak bermanfaat dengan model linier - berurut? Tidak ada yang salah dengan model linier. Hanya saja model itu hanya berbasis otak kiri yang lebih fokus ke fungsi logika. Sehingga masalah hanya dilihat dari sebuah sisi saja, dengan arti kata otak kiri lebih dominan. Padahal kita tahu bahwa ide kreatif menggunakan kedua sisi otak untuk mengeluarkan potensi pemikiran yang besar dan luas.

Sebut saja model linier sudah sangat sering anda gunakan karena metode itu yang diajarkan di sekolah. Jangan tanya kenapa, mungkin saja metode itu diturunkan dari budaya barat yang pada jaman dulu begitu mengagungkan akan metode ilmiah. Sehingga nyaris semua edukasi sepertinya harus berbasis metode ilmiah. Dan kita ketahui metode ilmiah yang menggunakan pemikiran linier sebenarnya hanyalah sebagian saja, tidak keseluruhan. Tapi apa mau dikata, kita tinggal didunia yang tidak sempurna, metode linier ini yang populer di dunia akademik.

Hal ini terus berlangsung sampai era multimedia muncul di  awal 1980-an. Ketika penggunaan komputer grafis mulai marak, mulai timbul generasi baru yang sangat respon kepada informasi multimedia. Model informasi seperti itu sejalan dengan perkembangan teknologi yang secara masif mempengaruhi cara berpikir dan bertindak masyarakat. Kini kita melihat internet sebagai ujung tonggak teknologi informasi sekaligus model jaringan sosial dunia. Dan uniknya, topologi internet mirip dengan Mind Map karena memiliki cabang-cabang sebagai rute perjalanan data yang mengalir diantara server-servernya. Itulah asosiasi yang
bisa kita lihat dari Mind Map dan internet. Sebuah kebetulan?
Hmmm… ide kreatif anda tentu mulai berpikir bukan?
Pendekatan Mind Map terbukti sangat praktis dan bermanfaat bagi kita sekarang. Padahal pendekatan ini bukanlah cara yang baru sekali. Beberapa tokoh besar didalam sejarah sudah menggunakan cara ini seperti Leonardo Da Vinci, Charles Darwin, Sir Isaac Newton, atau ilmuwan jaman modern seperti Albert Einstein. Catatan penelitian Darwin di pulau Galapagos yang berbentuk Mind Map sederhana Tidak hanya dari kalangan ilmuwan saja, tahukah anda bahwa Pablo Picasso juga menerapkan model pemikiran bercabang seperti itu dalam membuat karyanya? Belum lagi Thomas Alva Edison sang penemu, Winston Churcill tokoh politik dunia, dan banyak lagi. Metode Tony Buzan ini adalah penyempurnaan dari model pemikiran bercabang para tokoh itu. Pasti jauh lebih praktis karena dia membuatnya cocok dengan penalaran dan kebutuhan era abad 20 ini. Sebuah karya yang membantu manusia untuk mengenal potensi kreatif diri masing-masing.

Metode Mind Map bahkan sudah berkembang pesat, tidak hanya model sederhana namun praktis dengan menggunakan kertas dan pena berwarna saja. Kini aplikasi komputer sudah menyediakan perangkat untuk membantu anda membuat Mind Map versi digital. Anda dengan mudah memilih gambar yang anda inginkan, bahkan anda bisa terkoneksi langsung ke internet untuk mendapatkan gambar yang sesuai. Lalu anda dengan mudah membuat cabang yang berwarna, serta menarik garis penghubungnya. Bahkan lebih dari gambar atau ikon, anda bisa memasukkan video, halaman web, dan berbagai link ke komputer maupun media lainnya. Canggih sekali. Ini mempermudah brainstorming ketika rapat di kantor atau menyelesaikan masalah perusahaan yang kompleks namun tetap bisa berbagi dengan karyawan atau pimpinan. Itulah tujuan penggunaan komputer dan software Mind Map versi digital. Apakah software ini lebih bermanfaat dari metode kertas dan pena tadi. Jangan salah kaprah, software tadi hanya alat mempermudah dan membantu anda saja, sama dengan metode kertas dan pena berwarna. Esensinya yang terpenting yaitu memicu kreativitas dan merangsang pemikiran akan ide baru untuk pemikiran yang anda sedang hadapi.
Yang terpenting adalah kemauan anda untuk memulai kegiatan dengan metode Mind Map dalam keseharian anda.

Konsistensi yang membentuk kebiasaan baru namun lebihbermafaat ini yang dihitung dibanding dengan pengetahuan anda. Ingat pengetahuan adalah sebuah ingatan kolektif, sebuah pembuktian bahwa anda memiliki memori yang bagus. Hal ini tidak menunjukkan bahwa anda penuh dengan ide, bisa membuat pemikiran baru, apalagi berpikir di luar kotak yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar