Rabu, 11 April 2018

Kreativitas di Tempat Kerja


“Pikiran-pikiran kreatif selalu diketahui bisa bertahan dari semua pelatihan yang buruk.” - Anna Freud

Dalam suasana kompetitif di berbagai bidang seperti sekarang  ini, sangatlah penting bagi perusahaan atau entiti bisnis untuk menarik dan mempertahankan orang-orang yang sangat bertalenta. Untuk melakukan hal itu maka mereka harus menyediakan suasana ruang kerja yang menantang, kreatif sekaligus menyenangkan. Karena kreativitas adalah akar dari inovasi dan penemuan, tidak aneh kalau semua jenis perusahaan baik kecil, menengah maupun besar harus membantu untuk menciptakan atmosfir kreatif dimana para pemilik bakat dapat berkembang kreativitasnya. Apa lagi yang bisa diberikan kepada mereka untuk investasi yang akan diberikan oleh mereka juga kepada perusahaan?

Sebagai contoh kasus, perusahaan General Electric yang terkenal di Amerika Serikat pernah menawarkan kursus internal mengenai kreativitas selama 2 tahun kepada karyawannya. Setiap minggu para karyawan dilatih beberapa jam dengan sesi khusus. Hasilnya mereka mengalami kenaikan sampai enam puluh persen untuk konsep yang bisa dipatenkan, demikian menurut kutipan
dari Wall Street Journal. Ini membuktikan bahwa pelatihan kreativitas mampu meningkatkan kompetisi perusahaan.
Contoh kasus pada perusahaan lain, di tahun 1999, setelah menginvestasikan lebih dari dua juta dollar dalam bidang riset dan pengembangan, Hewlett Packard menghasilkan lebih dari 1300 aplikasi untuk paten. Ketika perusahaan Sylvania Company menawarkan kursus pemecahan masalah secara kreatif selama 40 jam, mereka mendapatkan pengembalian investasi dua puluh dollar untuk setiap satu dollar yang mereka tanam. Survey ini membuktikan bahwa kreativitas menguntungkan dari sudut investasi sumber daya manusia untuk jangka panjang. 

Dari ketiga contoh diatas yang dilakukan oleh perusahaan kelas dunia sudah cukup membuktikan bahwa kreativitas memegang peranan sangat penting apalagi di era globalisasi saat ini. Kompetisi yang berlangsung saat ini sudah sedemikian ketatnya sehingga para manajemen puncak terus berinovasi untuk tetap terdepan dan mengikuti persaingan bisnis yang tinggi. Jadi jika anda saat ini adalah seorang pimpinan atau manajer di sebuah perusahaan, apa yang sebaiknya anda lakukan dan juga kondisikan untuk membuat karyawan anda suka menghasilkan ide yang hebat dan inovatif? Tantangan ini bukan mudah sebenarnya, tetapi bukan berarti sulit dan mustahil untuk dilakukan. Beberapa diantaranya bisa anda pertimbangakan:

Temukan orang kreatif diantara karyawan anda. Kenali mereka dari pemikiran dan intelejensia serta inovasi yang mereka tawarkan. Menemukan orang seperti ini tidak terlalu sulit. Hanya saja bedakan dengan tipe orang penjilat atau suka memanipulasi karya orang lain dengan mengatakan bahwa hal
itu adalah ide dirinya.

Ciptakan atmosfir kerja yang bisa mengakomodasikan kreativitas. Anda perlu membebaskan ide agar datang dan muncul dengan sendirinya. Bertoleransi terhadap ide yang tidak jalan saat ini akan memberikan ruang untuk ide yang nanti akan muncul dan lebih sesuai dengan kondisi atau permasalahan yang dihadapi. Akan selalu ada waktu yang tepat untuk ide yang baru. Tantangan untuk bagian ini adalah tidak semua staff anda bersikap positif. Sebagian akan suka mengkritik dan mengkambing hitamkan sesuatu masalah kepada orang lain. Disini peran anda sebagai pemimpin sangat dibutuhkan untuk meredam aksi negatif seperti itu. Bukan sesuatu yang mudah dengan intrik dan politik kantor di era sekarang, tapi dengan kepemimpinan yang tegas, anda pasti bisa meminimalisir masalah seperti ini.

Akui keberadaan orang yang menghasilkan ide didalam perusahan anda. Sangat penting untuk mendukung dan memberikan apresiasi yang seimbang kepada karyawan yang mau berkreasi dan tunjukkan dukungan penuh bila ide tersebut memang membantu permasalahan. Dukungan sangat penting untuk menambah semangat para inovator. Ini adalah salah satu bentuk kepemimpinan yang disebut tadi. Perlahan para pengkritik internal akan bungkam, malah bisa saja mengambil bagian untuk ikut serta demi alasan tertentu. Yang pasti, memberikan pengakuan kepada orang yang memberi ide sudah dapat menciptakan atmosfir alur kerja yang sehat bagi lingkungan anda.

Berikan penghargaan yang sesuai kepada para inovator, dalam bentuk penghargaan pujian di depan publik, hadiah khusus, bonus gaji atau bentuk dana finansial lainnya atau gabungan dari keduanya. Memang belum tentu mereka bertujuan untuk hal itu. Tapi siapapun akan sangat termotivasi bila pengakuan tulus diberikan beserta penghargaan yang memadai. Staff anda yang lain akan melihat bentuk penghargaan ini dan berpotensi terpacu untuk menghasilkan kreativitas yang sama. Rasa kompetitif positif seperti ini sangat bagus dipelihara di area kerja.

0 komentar:

Posting Komentar