Minggu, 15 April 2018

Keseimbangan Hidup


Percaya atau tidak, yang menjadi perhatian utama dari karyawan anda bukanlah uang semata. Namun lebih kepada keseimbangan yang baik antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi. Jika anda ingin mereka bisa bekerja lebih baik sesuai dengan yang anda harapkan dalam level pekerjaan, maka anda harus menyeimbangkan antara kerja dan bermain. Liburan, waktu pribadi tersendiri, suasana dan tempat kerja yang nyaman menjadi penting untuk karir dan juga kesehatan jangka panjang  mereka.

Ada pepatah Zen yang menyatakan bahwa busur panah akan patah jika terus ditarik dan diregang tanpa dikembalikan ke posisi awal. Hal ini sangat benar. Kita perlu bermain dan santai untuk menjadi produktif. Bermain, bahkan di tempat kerja kita, akan membuat diri kita senang dan merasa bahagia. Sangat gamblang sebenarnya mengapa jaringan otak kita bisa berpikir lebih jernih dan cepat sehingga lebih produktif. Hal ini disebabkan bila kita berpikir dalam keadaan santai dan bebas tekanan maka kita bisa mendapatkan lebih banyak ilham atau ide dibanding ketika kita khawatir dan stress.

Saat ini kreativitas dan bermain sangat penting bagi kita. Kita berpikir ulang mengenai arti kita dalam kehidupan ini, dan kita sudah banyak memikirkan ulang apa arti kerja dan karir juga. Keamanan kerja sudah mulai ditinggalkan banyak orang dan menjadi sejarah masa lalu. Kini para pekerja harus mengenal kreativitas dirinya dan mendorong hal itu agar muncul ketika bekerja. Kondisi ini terus bergerak dan perubahan sedang terjadi di sekitar kita semua. Di banyak perusahaan, pekerja yang pintar sudah mulai melihat manfaat dari kerja sama tim yang terpadu untuk memunculkan bentuk kreativitas, serta tim tenaga pemecah masalah tersendiri. Mereka menggunakan ruang kerja yang terbuka dengan pembatas mini, membebaskan dinding penyekat antara departemen yang berbeda. Mereka juga menggunakan komputer atau gadget elektronik lainnya untuk berinteraksi secara intens. Pimpinan departemen kini bekerja lebih dekat dengan para bawahan, sehingga mereka bisa tahu apa yang sedang terjadi. Rantai komando kini dibuat lebih sederhana, tanggung jawab diperlebar dan ide kreatif serta inovasi diterima dan didorong untuk muncul.

Di semua area kerja atau profesi akan selalu ada masalah yang harus dipecahkan dan dimana terjadi pemecahan masalah maka disitu pula ada pemikiran kreatif. Hal pertama yang dilakukan untuk memecahkan masalah adalah mengetahui semua yang bisa anda ketahui tentang masalah itu sendiri. Bagaimana masalah itu muncul dan apa penyebabnya. Semua informasi penting harus dikumpulkan segera. Mulailah melihat semua fakta yang ada. Temukan hubungan satu sama lain secara bersamaan. Sering akan ditemukan elemen yang membuat alasan lebih logis mengapa masalah itu muncul bila semua informasi digabung. Jangan terkecoh ke dalam kondisi dimana akan muncul kebiasaan lama. Contohnya ketika sebuah masalah timbul maka ada kecenderungan untuk menggunakan kebiasaan solusi lama yang pernah berhasil. Gunakan pendekatan yang baru karena secara logika bila cara lama berhasil, lalu mengapa masalah itu timbul lagi? Hindari penggunaan cara yang sama bila masalah berulang. Waspadalah dengan “kritik internal” yang tidak mendidik. Hal ini akan kita bahas lebih detail pada bab lain berikutnya. Anda pasti pernah mendengar suara kecil didalam kepala anda yang mengatakan bahwa anda tidak akan bisa memecahkan masalah yang sedang anda hadapi. Kritik itu adalah jenis “jika orang lain tidak bisa mengatasinya, maka kenapa saya mengira bisa mengatasinya juga?”. Anda harus mengabaikan suara kecil seperti itu. Sayangnya, anda akan pernah mendengar komentar negatif seperti itu dari orang lain disekitar anda. Tapi ingatlah pepatah Mark Twain yang mengatakan, “orang yang memiliki ide baru dianggap orang aneh sampai ide itu terbukti sukses”. Perhatikan juga rasa frustasi yang bisa muncul bersamaan. Persiapan yang lama dan sangat melelahkan, apalagi ketika jawaban tidak ditemukan, bisa membawa anda kedalam kondisi frustrasi saat anda mengerjakan proyek atau tugas penting anda. Anda merasa tergoda untuk mengangkat tangan tinggi dan berteriak, “Aku sudah tidak sanggup lagi!”. Tapi ingat! Itu hanyalah sisa kegelapan sebelum munculnya terang, seperti kata orang bijak dahulu. Tetaplah bertahan. Jawaban yang anda cari ada diluar sana, dan anda akan menemukannya. Yang perlu anda lakukan hanyalah: jangan menyerah. Yang terjadi bukanlah hal yang tidak terpecahkan, namun kebanyakan orang menyerah duluan dengan terlalu cepat.

Seringkali, anda harus membiarkan pikiran itu berdiam didalam benak anda sementara waktu, biarkan mengental secara alami. Mungkin anda malah perlu “menginapkan” masalah itu didalam tidur anda. Tidak ada hukum yang mengatakan masalah hari ini harus selesai hari ini. Kalau bisa seperti itu maka akan sangat luar biasa. Masalahnya hanya ada beberapa kasus untuk itu, kebanyakan masalah membutuhkan waktu untuk diselesaikan. Biarkan alam bawah sadar mencernanya sepanjang malam. Kita akan bahas mengenal alam bawah sadar ini di bab yang lain. Umumnya, ketika anda sedang melaksanakan pekerjaan rutin, atau sedang mempersiapkan diri dirumah, ketika bercukur atau sarapan pagi, solusi yang anda cari tiba-tiba muncul dikepala anda dengan sendirinya. Beberapa orang sengaja melakukan kegiatan yang lain dengan metode rileks seperti berjalan di desa atau ditaman dan memperhatikan suasana lain. Kesengajaan memperhatikan hal lain diluar masalah utama sering memicu munculnya rasa nyaman dan hal ini membuat otak bekerja lebih cepat karena bebas dari tekanan stress. Ide untuk rileks sangat bagus diaplikasikan bila anda mengalami kebuntuan berpikir. Mungkin sudah masanya untuk bermain!

Jika anda sibuk seharian dikantor, penting sekali untuk sesekali berhenti sejenak dan mengistirahatkan pikiran anda. Dunia kita saat ini penuh dengan kekacauan ketika waktu berpikir, dan itu bisa terjadi sepanjang hari. Bos anda, teman kerja, guru, murid, atau siapapun yang dekat dengan anda mungkin mengganggu anda dengan cara menunjukkan bagaimana seharusnya anda berpikir atau bertindak. Bahkan televisi pun sekarang sudah menjadi gangguan tersendiri. Jadi, berikan masa istirahat dan privasi bagi otak anda untuk berpikir sendiri dan menangani masalah anda sendiri. Jangan ragu untuk menyepi beberapa menit setiap hari. Itu adalah kegiatan yang penuh arti. Anda melakukan banyak hal dengan berdiam diri. Sebuah pepatah yang mengagumkan sekaligus aneh bagi manusia modern. Tidak masalah di rumah atau di kantor, proses kreativitas memegang peranan yang penting dalam hidup anda. Percayakan diri anda dengan kreativitas anda sendiri. Jangan terlalu keras kepada diri anda sendiri jika kondisi yang anda alami tidak seperti yang anda inginkan pertama kalinya. Jadilah manusia pengamat, mengamati semua, belajar dan tidak malu untuk bertanya bahkan dengan pertanyaan bodoh sekalipun. Seperti yang sudah anda ketahui sebelumnya: pertanyaan yang bodoh adalah pertanyaan yang tidak anda tanyakan.

1 komentar: