Selasa, 03 April 2018

Bertindak Kreatif


Apakah yang anda rasakan menjadi seorang yang kreatif?
Apakah anda membayangkan bahwa seorang yang kreatif adalah seorang yang aneh, seorang yang rada
nyeni, atau unik?
Apakah anda merasa curiga dengan orang yang sesuaideskripsi diatas? Atau anda memandang seseorang yang kreatif dengan tingkat kegilaan tertentu atau kejiwaan yang menyimpang?
Mungkin anda protes dan menyebutkan, “Saya terlalu waras untuk disebut seorang kreatif!”. Yang anda asumsikan itu adalah gaya tampilan dan bukan kreatif yang sesungguhnya.

Bisa jadi anda sedang terpengaruh dengan fakta-fakta yang sudah umum diketahui dunia pada umumnya tentang ciri-ciri orang kreatif. Tetapi ada perbedaan persepsi antara apa yang dikatakan orang dengan fakta yang sesungguhnya. Mungkin kreatif yang anda akui adalah kemampuan anda menutup penjualan dari kantor anda kepada calon pelanggan potensial. Atau ide anda yang brilian dan memberikan penghematan sampai ratusan juta rupiah terhadap anggaran belanja perusahaan anda. Atau kemampuan anda menyelesaikan konflik perusahaan ataupun keluarga? Coba tebak? Anda seorang yang kreatif. Mungkin orang lain mengatakan bahwa anda berbakat di bidang tertentu, atau anda memang sudah mengetahuinya. Lalu mengapa anda malu akan hal itu? Dan apa yang anda lakukan dengan hal itu sebenarnya? Apakah anda siap melepas semua talenta anda sehingga anda lebih kreatif lagi di bidang yang lain? Atau bagaimana mengembangkannya lebih jauh? Oke, mari kita kembali kepada ide untuk memunculkan sikap mirip dengan anak-anak, yaitu mengabaikan tekanan hidup sehari-hari dan stress. Mari bermain! Ambil buku gambar atau kertas kosong serta pensil berwarna dan mulailah menggambar lingkaran berwarna dan berbagai bentuk lainnya. Jika anda memiliki anak, pinjam kertas gambar dan crayon berwarna mereka dan ikut serta menggambar dengan mereka juga. Beranikan diri anda untuk mewarnai sesuka hati, melewati garis yang ada seperti layaknya seorang anak kecil belajar mewarnai. Bahkan jauh melewati garis yang dibuat sebelumnya. Jangan takut salah! Atau temukan tanah liat maupun bahan permainan yang bisa anda buat untuk membentuk atau menyusun bentuk yang bebas tanpa aturan. Bentuk patung yang aneh, atau bentuk rumah dari mainan lego tapi bentuk rumah itu tidak pernah ada sebelumnya. Tertawalah dengan anak anda ketika membuatnya. Anak anda akan meledek rumah buatan anda. Anda bisa menyebutkan gaya rumah anda seperti apa dan mengapa anda membuatnya unik seperti itu. Tentu anda bertanya, “Ya ampun, untuk apa saya melakukan hal yang tidak berarti itu?”. Memang tidak ada artinya dan tujuannya memang tidak meminta anda melakukan hal itu agar gambar yang anda buat atau patung serta rumah yang anda bentuk memiliki arti tertentu.

Maksud dari kegiatan ini adalah agar anda bebas bermain, pikiran anda bebas tanpa tendensi apaapa. Anda merasa nyaman dan santai saja. Kegiatan ini malah dinikmati oleh otak anda. Tak lama anda akan sadari bahwa anda merasa lebih rileks dan santai. Anda bahkan bisa merasakan bahwa anda akan merasa senang atau bahagia. Helaan nafas anda akan lebih lembut dan perlahan. Tidak seperti ketika anda cemas atau kesal yang tampak dengan nafas yang pendek, kini anda bernafas lebih dalam dan tenang. Anda perlu menggeser masalah yang ada dipikiran anda dengan cara ini. Stress atau problem yang anda hadapi akan terpinggirkan sementara dan anda sedang mengalami relaksasi tanpa harus memiliki tujuan tertentu.
  Dengan melakukan permainan tanpa maksud dan tujuan ini beberapa menit setiap hari akan segera memberikan dampak kepada kreativitas anda dalam bentuk perbedaan yang kentara ketika anda memecahkan masalah, mengajar, belajar atau melakukan sesuatu kegiatan lainnya. Tidak lama anda akan menyadari bahwa anda siap untuk lanjut ke level yang berikutnya, jadi kenapa tidak anda latih saja untuk bermain seperti anak-anak dan bebaskan diri anda. Tapi ingatlah dengan benar bahwa talenta saja tidak cukup untuk membangun kreativitas tetapi harus dibarengi dengan disiplin dan semangat. Anda harus berdedikasi dan berkomitmen untuk talenta anda sendiri. Kita bisa mengandaikan bahwa talenta adalah seperti daging mentah, dan dedikasi sebagai bagian bumbunya. Dibutuhkan semuanya agar kreativitas bisa terasa enak selayaknya sebuah hidangan yang lengkap setelah diramu dan dimasak.

Apa arti kata kreatif bagi anda ketika anda diminta untuk memikirkannya? Sebuah karya seni yang mengagumkan? Bentuk pemikiran yang sangat orisinil? Komposisi musik yang sangat menarik? Penemuan yang mengejutkan? Apakah anda membiarkan diri anda percaya bahwa mustahil bagi anda untuk kreatif?

Apakah anda membiarkan diri anda menjadi mahluk korban kebiasaan bertahun-tahun yang lalu? Pernahkan anda menyesali diri anda karena tidak memiliki kreativitas? Mungkin anda terjebak dalam rutinitas sehari-hari, dan perasaan anda mengatakan bahwa anda tidak bisa keluar dari lingkaran kebiasaan dan tidak bisa berubah lagi. Begitu banyak pertanyaan
 
yang diajukan kepada anda, pernahkah terlintas pertanyaan yang sama dan anda bisa menjawabnya?

Sekarang, bayangkan bagaimana bentuk kehidup an anda jika anda diberikan izin untuk hidup kreatif setiap hari. Anda mengetahui diri anda kreatif dan bertalenta. Bagaimana kalau dunia sekeliling anda melakukan anda dengan khusus dan dibiarkan untuk mengembangkan talenta itu, meningkatkan keahlian anda, dan memberikan perhatian khusus yang sesuaidengan kebutuhan dan penghargaan yang layak?
  Anda mempercayai semangat kreatif anda, dan mampu memecahkan setiap masalah serta merangkul kreativitas sebagai bagian penting dari kebahagiaan dan kesehatan mental anda. Ingatlah bahwa kesenangan murni adalah kunci penting bagi kehidupan kreatif anda.
  Hidup dan bekerja memang kegiatan yang sudah umum dikenal. Tetapi bersenang-senang dan menikmatinya adalah pekerjaan yang sesungguhnya juga penting disamping itu. Jika tidak, maka anda akan menjadi budak dari diri anda sendiri. Anda tidak bebas lagi menikmati kehidupan itu seperti layaknya seorang insan dan mahluk Tuhan.
 

0 komentar:

Posting Komentar