Rabu, 25 April 2018

Manfaat Meditasi untuk Meningkatkan Kreativitas


Cara seperti ini bagus untuk menenangkan pikiran anda sebelum anda memulai proses berpikir kreatif nantinya. Jeda istirahat itu akan membantu ketika malam hari anda bisa melakukan sedikit ritual untuk lebih menenangkan pikiran sembari mencari solusi yang lebih tepat untuk masalah yang lebih besar.

Sebelum tidur anda bisa melakukan meditasi atau duduk tenang memikirkan masalah yang anda hadapi. Fokus ketika meditasi akan membantu anda melihat masalah anda itu sendiri dengan lebih jernih. Jangan lupa catat apa saja ide yang muncul ketika anda meditasi. Anda akan terkejut ketika melihat beberapa ide yang acak bisa jadi membentuk ide baru yang bisa anda gunakan sebagai jawaban masalah. Selain itu, meditasi sesering mungkin sebelum tidur bisa membawa efek ketenangan dan peningkatan kesehatan pada anda karena stress yang anda alami seharian bisa terbuang dan tidak menumpuk atau dibawa tidur.

Jadi anda sudah bisa melihat bahwa walaupun sibuk, anda tetap bisa menemukan kreativitas dalam hidup. Memang ada beberapa halangan yang anda akan temukan, terkadang anda menemukan tujuan yang saling bertentangan, atau tidak mendapatkan kepastian akan sebuah tujuan yang diinginkan.
Anda bisa saja mengalami masa-masa yang sangat kompetitif didalam kerja saat ini, atau anda bingung mengenai beberapa kesempatan yang terbuka untuk karir anda. Apa yang anda lakukan bila mengalami masalah seperti itu?

Disini ada peluang bagi anda agar tantangan tadi menjadi tantangan kreativitas. Seperti semua masalah, anda harus mendefenisikan masalah itu sejelas mungkin. Anda tidak akan bisa maju tanpa tahu secara persis apa yang anda inginkan. Begitu anda sudah bisa menetapkan tujuan, sudah waktunya untuk membuat tahapan agar tujuan itu tercapai. Apa yang anda butuhkan agar berpindah dari titik A ke titik B? Anda butuh perencanaan. Disinilah kreativitas bisa membantu anda. Buat rencana tentang apa yang anda inginkan, bagaimana melakukannya tahap demi tahap, lengkap dengan jadwal waktu bila diperlukan. Lalu ikuti rencana anda tersebut.

Zig Ziglar mengatakan, “Anda tidak bisa mengenai sasaran yang tidak bisa anda lihat dengan jelas, dan anda tidak bisa melihat target bila anda tidak memilikinya”. Adalah penting untuk memiliki rencana didalam pikiran, memiliki target untuk dicapai, serta peta untuk mendapatkannya. Jika kita tidak memiliki target yang jelas dan terdefenisikan dengan baik, kita akan menjadi pengikut setia rutinitas kehidupan yang aneh.

Tanpa mendefiniskan target atau sasaran dengan jelas di pikiran untuk kehidupan dan kreativitas anda, kemungkinan anda
akan mengikuti rencana orang lain yang biasanya sering tidak sesuai dan cocok untuk diri anda. Jalankan kreativitas anda dan temukan apa yang baik dan sesuai untuk kehidupan anda secara pribadi.

Musuh lain dari kreativitas adalah kegugupan atau ketidaktenangan. Sulit untuk fokus akan ide yang hebat jika anda merasa gugup dan tidak tenang. Walaupun pada kenyataannya gugup itu tidak cocok dengan tempat berpikir kreatif anda, terkadang anda bisa menggunakannya sebagai keperluan tertentu di saat yang tepat. Oscar Wilde mengatakan, “Ketidak tenangan itu tidak tertahankan. Saya berharap akan berakhir selamanya.” Anda bisa menggunakan ketidaktenangan yang anda alami untuk mendorong maju dan melangkah terus. 

Halangan lain yang mungkin anda akan alami adalah kurangnya keyakinan diri dan ketakutan akan kritik. Anda harus mengingat bahwa diri anda adalah seorang dengan kreatif yang tinggi. Ambil langkah untuk mempelajari apa yang anda perlukan untuk mengembangkan kreativitas dan keyakinan diri anda pada saat bersamaan. Untuk kritik, anda harus belajar untuk membiarkannya melintasi diri anda tanpa terpengaruh negatif. Akan selalu ada kritik selama anda hidup, anda harus belajar akan seni untuk mengabaikannya.

Anda bisa juga memiliki sifat mengkritik diri sendiri. Kemampuan inilah yang paling buruk efeknya dari semua tantangan yang disebutkan sebelumnya, karena anda bisa selalu
mendengarnya sepanjang waktu. Ini adalah suara di kepala anda yang mengatakan, “Apa yang membuatmu berpikir bahwa dirimu memiliki jawaban yang kreatif untuk masalah ini?” atau, “Apa yang sebenarnya kau pikirkan?”. Memang dibutuhkan latihan tertentu untuk belajar mematikan kritik internal ini ketika anda sedang berpikir kreatif akan sesuatu masalah, tetapi latihan itu memang penting dan harus dilakukan.
 

1 komentar: