Kamis, 05 April 2018

Menyatukan Kreativitas Ke Dalam Hidup


Kita sudah sepakat bahwa semua orang pada dasarnya adalah individu yang berpotensi untuk kreatif. Anda sudah bisa mengenal energi kreatif yang anda miliki, dan energi itu harus anda gunakan untuk sesuatu atau diaplikasikan kepada sesuatu. Kalau tidak anda lakukan maka anda akan merasa kurang bahagia atau merasa tidak terpenuhkan, dan biasanya perasaaan itu muncul tanpa ada ketahui dengan jelas alasannya.

Beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan bila memasukkan kreativitas kedalam kehidupan sehari-hari anda adalah sebagai berikut:
1. Percaya diri. Pribadi yang kreatif cenderung lebih percaya diri karena merasa mampu mengatasi berbagai masalah yang sedang dihadapi. Keyakinan ini dibangun dari kemampuan individu tersebut untuk mencari alternatif pemecahan yang banyak dan memandang persoalan dari berbagai sisi pengamatan. Secara tidak langsung individu tersebut akan merasa lebih dari orang kebanyakan karena tidak gentar menghadapi masalah.
2. Mengurangi stress. Seseorang akan mengalami stress jika merasa tidak bisa menghadapi sebuah persoalan atau tekanan. Dengan memiliki kreativitas, maka individu tersebut bisa lebih rileks karena jumlah “amunisi” solusi yang dimiliki lebih banyak daripada orang lain. Dampaknya adalah percaya diri dan pada akhirnya akan mengurangi tekanan psikis.
3.
Kedamaian batin. Ide kreatif yang muncul dari seseorang sebenarnya adalah manifestasi dari pemikiran baik otak secara mendalam. Bila kita merasa mampu menangani berbagai masalah atau memiliki banyak cara untuk membuat ide baru maka batin kita merasa tenang akibat terpenuhinya satu kebutuhan akan ketenangan jiwa. Kekhawatiran, kebingungan atau ketidaksabaran akan hilang bila kita bisa mendapatkan solusi kreatif.
4.
Kendali diri yang lebih baik. Jika anda berpikir kreatif, emosional juga akan terkendali karena fokus anda bukan kepada masalah dan akibatnya, tetapi lebih kepada pemecahan dan alternatif pemecahan lainnya. Masalah dan akibatnya bukan menjadi faktor utama lagi. Semangat yang ada pada diri kita mampu mengusir berbagai gangguan yang mengakibatkan kita panik.
5.
Kepuasan yang besar – pada akhirnya anda bisa mengekspressikan diri anda sendiri, menemukan tujuan diri.
Bila anda mencapai satu target dengan kreativitas anda, maka rasa puas akan muncul lebih banyak daripada anda mencapai tujuan dengan cara yang sudah lazim.
  Dengan menerapkan kreativitas itu maka anda akan memberikan dampak yang luas dan tidak terduga kedalam berbagai aspek kehidupan anda secara keseluruhan, dan anda akan sering menemukan berbagai keuntungan lainnya. Jadi, bagaimana anda menerapkan energi kreatif kedalam hidup anda sehari-hari? Anda menerapkan kreativitas yang anda baru temukan kedalam hubungan keluarga maupun sosial anda, coba kedalam hubungan kerja profesional atau kedalam hubungan masyarakat sekitar. Sudah waktunya anda untuk mengeksplorasi semua kemungkinan dan menemukan kondisi yang lebih baik di sekitar anda. Mulailah dari sudut kehidupanpribadi anda sendiri. Gunakan untuk memecahkan masalah pribadi anda sendiri misalnya. Buat daftar checklist dan rencanarencana. Sesuaikan dengan ide baru dan buat perubahan bila diperlukan.

Bagi profesional, gunakan kreativitas didalam ruang kerja anda atau aktivitas bisnis anda. Anda bisa melihat hal yang sama dilihat oleh orang lain namun dengan sudut pandang yang berbeda. Buat penyesuaian dan anda akan melihat perubahan yang terjadi, bila tidak muncul maka jangan ragu untuk membuat percobaan yang lain. Gunakan insting anda, gunakan intuisi atau apapun anda menyebutnya tetapi yang pasti jangan berhenti di titik yang sama. Sebuah percikan ide atau kilasan bayangan bisa jadi menjadi petunjuk awal dari proses pencapaian solusi yang dicari. Hal-hal kecil dan tidak terduga ini bisa menghantarkan anda ke pemecahan yang sebenarnya. Begitu anda mulai membiasakan diri untuk mengisi kehidupan anda dengan berbagai kreativitas yang berproses
menuju kesuksesan, maka anda akan sering menemukan momen “Aha”. Tidak salah kalau anda memaksakan diri untuk keluar dari sebuah rutinitas dan menemukan diri anda bergelimang dengan berbagai visi maupun ide yang dikatakan orang sebagai “mimpi”.

Kamus Webster mendefinisikan inovasi sebagai pengenalan dari sesuatu yang baru atau berbeda. National Innovation Initiative (NII) menyebutkan inovasi sebagai “titik temu antara penemuan dengan pencerahan, yang mengarahkan penciptaan dengan nilai sosial dan ekonomis”. Jadi anda bisa
menggerakkan kreativitas anda dan menjadi seorang yang inovatif sekarang.

Implementasi kreativitas di dunia kerja malah sangat membantu saat ini ketika seorang individu dihadapkan kedalam berbagai masalah yang menuntut solusi kreatif. Tidak ada salahnya jika anda mencoba baik seorang diri maupun bersamasama yang lain. Semakin banyak pihak yang bekerjasama mencarinya akan semakin baik pula, karena kreativitas itu bisa menular dan mempengaruhi orang lain untuk berbuat yang sama. Ide-ide yang ada akan semakin memicu munculnya ide lain sehingga solusi terbaik akan semakin besar peluangnya untuk ditemukan. Tetapi sebuah kreativitas tetap membutuhkan aksi. Karena tanpa aksi, sebuah kreativitas hanya sebuah bentuk dari fakta saja. Dengan adanya aksi maka sebuah kreativitas bisa menjadi sesuatu yang riil.


0 komentar:

Posting Komentar