Rabu, 28 Maret 2018

Menebak Juara Indonesian Idol 2018 pada Top 3

Hasil gambar untuk indonesian idol foto
Kini tersisa 3 kontestan, yaitu Ahmad Abdul, Joan dan Maria. Ajang Indonesian Idol 2018 tinggal menyisakan tiga kontestan yang siap bersaing menjadi yang terbaik di panggung spektakuler. Menariknya, Ahmad Abdul menjadi satu-satunya kontestan pria yang bertahan hingga kini.

Setiap kompetisi menyanyi, para jurinya pasti lebih menyukai peserta yang bukan hanya tahu teknik bernyanyi tetapi juga memiliki ciri khas tertentu. Begitupun ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Suara merdu, teknik suara baik, attitude, dan juga karakter suara jadi tolok ukur juri dalam menilai setiap kontestan. Kelebihan inilah yang dimiliki masing-masing Top 3 Indonesian Idol 2018.

Penampilan Maria di Indonesian Idol mendapat sorotan dunia. Tidak saja malam ini saat berkolaborasi dengan Irsan Midnight Quickie, tetapi juga beberapa minggu terakhir.

Maria mencuri perhatian masyarakat internasional saat menyanyikan Never Enough milik Loren Allred di Spekta Show Top 7 Indonesian Idol. Maria memang ahli dalam menyanyikan lagu dengan nada-nada tinggi. Bahkan, penyanyi aslinya, Loren Allred begitu terpukau oleh Maria dan tidak menyangka jika dirinya berkesempatan berkomunikasi dengan penyanyi aslinya itu. Loren sangat terpukau dengan suara Maria dan  juga tidak percaya Maria masih 16 tahun.

Sejak awal, gadis 16 tahun ini memang berhasil mencuri perhatian juri. Hampir setiap penampilannya selalu mendapat pujian dari para juri. Penampilannya yang paling berkesan adalah saat menyanyikan lagu Don't You Worry 'Bout A Thing  dalam babak Showcase. Maria yang menjadi kontestan terakhir kala itu lagsung mendapat standing  ovation dari para juri.

Rupanya, kepiawainya bernyayi Maria memang telah diasah olehnya sejak kecil. Jarang yang tahu, Maria Simorangkir ternyata pernah mengikuti ajang Indonesian Idol Junior pada 2014 silam. Kala itu usianya mungkin sekitar 13 tahun. Maria pun menjadi salah satu kontestan yang memukau kala itu dan berhasil masuk ke babak Spektakuler Show. Sayangnya, Maria harus tersingkir dalam babak Spektakuler 10 pada 31 Januari 2015 silam.
Sebelum mengikuti Indonesian Idol, Abdul pernah mengikuti salah satu ajang pencarian bakat yang dijurikan oleh Vidi Aldiano, Rio Febrian dan Andien. Tapi sayangnya ia hanya berhasil mendapatkan juara 4.

Berbicara tentang vokal, Abdul tidak bisa dipandang sebelah mata. Abdul yang memiliki ciri khas suara falset ini telah diikuti (follow) oleh vokalis Maroon V, Adam Levine. Terlihat jelas bahwa akun bernama Adam Levine tersebut merupakan akun resmi yang telah bertanda centang biru.

Sejak audisi, penampilannya memang telah memukau para juri. Dengan memetik gitarnya, Abdul unjuk gigi di hadapan juri dengan menyanyikan lagu Lost Star dari Adam Levine. Keempat juri pun langsung terpukau dengan penampilannya. Abdul pun dapat melenggang hingga babak Eliminasi. Dalam kesempatan ini, Abdul menanyikan lagu berjudul All I Want yang dipopulerkan oleh Kodaline. Seperti biasanya, Abdul pun berhasil membuat para juri kagum. Abdul memiliki pendekatan terhadap lagu yang sangat baik sehingga penampilannya selalu memukau. Abdul pun berhasil melaju hingga babak 12 besar dan berhak tampil dalam Spektakuler Show.

Abdul dikenal sebagai salah satu kontestan yang piawai membawakan lagu berbahasa Inggris. Pada babak Spektakuler Show, seluruh kontestan diminta untuk menyanyikan lagu berbahasa Indonesia. Malam itu, Abdul menyanyikan lagu “Rahasia Hati” yang dipopulerkan oleh Element. Seperti biasa, suaranya selalu menyentuh hati. Hanya saja menurut juri kali ini penampilan Abdul tidak sebaik saat menyanyikan lagu berbahasa Inggris.

Selain bernyanyi, ia juga mempunyai profesi lain sebagai desainer grafis. Bahkan saat babak audisi, ia juga membawakan sketsa untuk kelima juri. 

Joanita Chatari merupakan kontestan Indonesia Idol 2018 asal Kaimana Papua. Kontestan yang dikenal dengan suara gospel nan powerfull ini bisa dikatakan, dari seluruh peserta yang ikut tampil di idol Top 15 besar, hanya Joan yang tampil maksimal dan berhasil mendapatkan “standing ovation” dari kelima juri indonesian idol ini. Saking terkesima dengan penampilan Joan, Ari Lasso sampai rela naik ke atas kursinya demi menyoraki penyanyi berambut keriwil ini. Kesuksesan kontestan idol asal Papua ini menjadikan namanya semakin viral di berbagai kalangan.

Joan semakin dikenal karena power dan karakter suaranya yang gospel dan merupakan kontestan yang paling ditunggu-tunggu Maia saat audisi Indonesian Idol. Pada saat babak audisi, Joan memukau para dewan juri setelah menyanyikan lagu Believe, Jennifer Hudson dan Love On Top, Beyonce. Buktinya Maia saat itu langsung bilang bahwa ini suara yang ditunggu-tunggu. Bukan hanya Maia dan Armand yang melontarkan pujian, Judika pun demikian.


Di babak showcase, Joan menyanyikan lagu milik Naughty Boy feat Beyonce & Arrow Benjamin yang berjudul Runnin. Usai Joan menyanyikan lagu tersebut, Judika mengaku bahwa dia sempat hampir menangis karena begitu totalitasnya dalam menyanyi mirip dengan almarhum Mike Mohede.

Dari ketiga kontestan di atas, yang manakah menurut netizen pantas mendapat predikat juara Indonesian Idol 2018?
Apakah Maria dengan suara dengan ciri khas nada tingginya?
Apakah Abdul dengan suara dengan ciri khas nada falset-nya?
Apakah Joan dengan suara dengan ciri khas gospel-nya?
Kita tunggu saja dukungan rakyat Indonesia.....

1 komentar: