Sabtu, 10 Desember 2016

Cara Menghapal Not Fret Bass


Cara Menghapal Semua Not di Fret Bass 

Belajar mengetahui tiap not pada fret bass sangat penting apabila sobat-sobat ingin menjadi seorang pemain bass yang hebat. Kadang-kadang kita melihat seseorang yang memainkan not-not bass dengan mendengarkan lagu tanpa tahu not apa yang di mainkan. Just playing...
Pengetahuan yang baik tentang fretboard akan membuat kita bisa mengontrol permainan kita.

Gambar diatas menunjukan semua not sampai dengan fret ke 14. Jika sobat-sobat mencoba menghapal semua, sobat-sobat akan menemui kesulitan.Saya tahu karena saya pernah juga mencoba. Faktanya cukup banyak pemain-pemain bass yang tidak bisa menyebut not-not diatas fret ke-5.

Gambar diatas fretboard yang hanya menunjukan no A. Coba lihat fret ke-5 pada string E. Sobat-sobat akan tahu bahwa ada lagi not A yang berada di fret ke-7 pada string D. Not-not ini sama tapi not ke-2 lebih tinggi satu oktaf dari not pertama. Pattern ini berlaku di semua fret. Contoh, not di fret ke-12 pada string A dengan not di fret ke-14 pada string G.

Coba lihat lagi pada fret ke-2 string G dengan fret ke-5 string E, kedua not ini sama tapi tidak termasuk pattern diatas karena bukan satu oktaf.

Ingat-ingat pattern ini. Sobat-sobat akan dengan mudah menemukan not A di semua fretboard. Berlatihlah memainkan lagu dan setiap kali not A di mainkan cobalah memainkannya dengan posisi yang berbeda. Sobat-sobat akan terkejut dengan hasilnya! Karena dalam waktu singkat sobat-sobat sudah menguasai/mengetahui not A dengan benar.

Setelah itu, cobalah berlatih dengan not-not lainnya dengan pettern yang sama. Dan akhirnya,sobat-sobat akan menguasai smua not-not bass dengan mudah dan cepat. Tapi, semua ini tidak akan berhasil tanpa kemauan dan ketekunan belajar. Jadi..TETAP SEMANGAT !!!



0 komentar:

Posting Komentar